Comments

Blogroll

2012-04-03

Lubang Cacing, Misteri dan Faktanya

Posted by at 10.49 Read our previous post
Halo bloggers! :o
pada tau "lubang cacing" gak? Ya, lubang cacing atau lubang hitam ini telah menggegerkan ilmuwan-ilmuwan di seluruh dunia karena aksinya #halah "menelan" benda-benda yang melintas di dekatnya. Lubang Hitam ini kayak lubang gergasi, yang ukurannya lebih luas daripada matahari yang mampu menyedot apa saja yang ada didekatnya termasuk planet. Bahkan kekuatan tarikannya menyebabkan cahaya yang tidak memilik kekuatan juga tidak mampu melepaskan diri. #serem banget =='



Lubang hitam ini mampu menelan berbagai benda angkasa. Semakin banyak yang dia telan, semakin besar daya hisapnya. Banyak astronom khawatir aktivitasnya yang semakin "liar" bisa nelan planet Bumi. Trus apa yang membuat sebuah lubang hitam mampu menyedot benda-benda angkasa di sekitarnya?
entahlah, black pun enggak tau (-o-) #bletak! (XoX)'

ilustrasi lubang hitam waktu menghisap benda-benda disekitarnya

Fakta Tentang Lubang Hitam

1. Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang gede banget.Gaya gravitasi inilah yang nyebabin apapun gak bisa lolos darinya, kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasinya kuat banget sampe 8 kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya.


2. Misteri lubang hitam yang bertebaran di jagat raya ini hampir mirip sama kejadian-kejadian aneh yangg terjadi Segitiga Bermuda. Bedanya, kalo Segitiga Bermuda rata-rata menelan kapal laut atau pesawat terbang, Lubang Hitam ini ukurannya bisa lebih besar dari matahari #mak? gede banget =o=' dan mampu menarik dan menelan apa aja yg berada di dekat nya termasuk planet-planet. Bahkan partikel cahaya pun gak mampu meloloskan diri dari tarikan gravitasi lubang cacing yg super dashyat.


3. Lubang hitam muncul waktu sebuah bintang yang besar dan padat (masif, berukuran 8-100 kali massa matahari) di sebuah supernova meredup dan mati dengan membakar seluruh tenaga nuklirnya. Gaya gravitasi menarik berat maha besar dari lapisan-lapisan luar bintang itu untuk ikut meluruh ke arah inti.

4. Pada prinsipnya, lubang hitam memiliki massa yang berbeda-beda. Lubang hitam yang terbentuk melalui kematian bintang-bintang sedikitnya memiliki massa dua kali daripada massa matahari kita. Tetapi kerapatannya bisa semiliar kali lebih padat daripada matahari kita.

5. Radius sebuah lubang hitam (Rs) = 2MG/v^2. Dimana M adalah massa lubang hitam, G adalah konstanta Gravitasi, dan v adalah kecepatan yang dibutuhkan suatu obejk untuk menghindar dari gaya tarik gravitasi. Untuk kasus lubang hitam v adalah c atau kecepatan cahaya.



Misteri yang menyelubungi lubang hitam itu bagaimanapun cuma bisa dikaji dari jauh karena kemampuan sains dan teknologi manusia nyatanya masih belum mampu membawa kita menghampiri lubang itu #emang siapa yang mau masuk ke lubang hitam? Kalo black mah ogah =o='

Jadi bloggers, udah ngerti kan kenapa lubang yang satu ini misterius?
Well, semoga artikel kali ini bermanfaat :). Makasih buat agan-agan yang udah mampir di blognya black, sampai jumpa di posting berikutnya, jangan lupa tinggalin jejak ya :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© BlackPepper13 is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template